Jumat, 11 Oktober 2013

3 Pulau Paling Beracun di Dunia

Bumi ini terdiri dari beberapa benua, lautan, termasuk pulau-pulau yang berpenghuni maupun yang tidak berpenghuni. Beberapa pulau ada yang dianggap sebagai pulau paling berbahaya dan mematikan di dunia. Hal tersebut bisa terjadi karena beberapa alasan, termasuk dengan adanya predator atau bahkan zat beracun. Ada pulau yang berbahaya karena punya gas sulfur, bekas radiasi nuklir atau bekas pabrik senjata kimia. Meskipun berbahaya dan beracun, namun sejumlah wisatawan yang punya nyali besar tetap datang ke pulau-pulau paling beracun ini. Berikut ini adalah 3 pulau yang dianggap paling beracun di dunia.


1. Pulau Okunoshima
Okunoshima merupakan salah satu pulau kecil yang terdapat di Laut Jepang, Kota Takehara, Perfektur Hiroshima. Untuk mencapai Pulau Okunoshima bisa menggunakan kapal feri dari Tadanoumi dan Omushima. Pulau Okunoshima juga biasa disebut dengan nama Pulau Kelinci. Pulau ini memang dihuni banyak kelinci yang dulu dijadikan sebagai alat pengetes keberhasilan gas beracun. Pada Perang Dunia ke-2, Pulau Okunoshima mempunyai catatan yang kelam. Saat itu, pulau yang berada di kawasan Takehara, Hiroshima, Jepang ini dijadikan sebagai tempat percobaan sekaligus pabrik gas beracun.

Meski ada kehidupan khususnya kelinci-kelinci di pulau ini, tapi bukan berarti pulau ini aman untuk dikunjungi. Sebab kelinci yang ada di sana merupakan hewan percobaan untuk gas beracun tersebut. Walaupun saat ini sudah ada sebuah hotel dengan lapangan golf dan sepetak kawasan untuk kemping, namun pulau ini tetap terasa mencekam. Banyak wisatawan yang belum percaya jika pulau ini sudah bebas dari gas beracun.

2. Pulau Miyakejima
Setelah Okunoshima, pulau berbahaya dan beracun berikutnya adalah Miyakejima. Masih berada di Jepang, pulau yang tepatnya berada di Kepulauan Izu ini selalu saja dilanda gempa setiap beberapa tahun. Dibutuhkan nyali yang cukup besar untuk tinggal di pulau ini karena gunung vulkanik aktif yang berada di dalam pulau mengeluarkan gas sulfur yang mematikan. Gas ini tidak hanya keluar dari gunung namun juga dari tanahnya. Pada tahun 2000, gunung tersebut kembali meletus dan semua penduduk langsung dievakuasi seluruhnya.

Dengan alasan penasaran, saat ini masih banyak turis yang mengunjungi Pulau Miyakejima. Bahkan pulau ini sekarang sudah menjadi salah satu objek wisata di Jepang. Wisatawan yang ingin masuk akan dibekali masker. Meski tingkat sulfur belerang di perairannya cukup tinggi, tapi ada saja turis yang nekat untuk berenang di beberapa danau kecil di pulau ini.

3. Pulau Bikini
Pulau Bikini adalah sebuah pulau kecil di kepulauan Marshal pasifik barat, kawasan Kepulauan Mikronesia, Republik Kepulauan Marshal. Luasnya hanya 5,2 m2. Dikelilingi 36 pulau kecil yang terbentang sepanjang 40 km dan selebar 25 km. Pulau ini ternyata sangat berbahaya dan cukup mematikan karena dua alasan, yaitu radiasi nuklir dan hiu. Pada tahun 1946, pulau ini dijadikan sebagai tempat percobaan nuklir. Kegiatan yang bernama Operasi Crossroad ini meledakkan nuklir yang memiliki radiasi tinggi. Percobaan nuklir tak sampai di situ, selanjutnya pada operasi bernama Castle Bravo nuklir kembali meledak. Bahkan ini adalah ledakan nuklir terbesar yang pernah dilakukan Amerika Serikat. Akibatnya, radiasi menyebar ke luar lingkar aman pulau ini. Parahnya, ada 23 pelaut yang terkena radiasi.

Selain radiasi nuklir, di perairan pulau ini juga merupakan habitat ratusan hiu yang berbahaya. Pemerintah setempat mengeluarkan pernyataan bahwa pulau ini sudah bisa dihuni kembali pada tahun 1986. Namun ilmuwan asal Perancis ternyata menemukan radiasi hampir 90 persen pada tubuh seorang penduduk lokal. Alhasil, banyak penyakit yang diderita para penduduk yang diduga karena efek radiasi tersebut. Dan sejak 1988, pemerintah AS pun melakukan program untuk membersihkan residu tersebut dengan dana tak kurang dari 90 juta USD.

sumber : http://www.environmentalgraffiti.com...-islands-earth
http://www.yayasisland.com/7-most-da...he-world.html/
http://www.odditycentral.com/pics/ok...-paradise.html
http://www.atlasobscura.com/places/g...he-izu-islands
http://www.telegraph.co.uk/travel/we...s-islands.html
http://gettoptens.com/top-10-most-da...-on-the-world/
http://www.amusingplanet.com/2013/01...it-island.html
http://en.wikipedia.org/wiki/Bikini_Atoll
http://tokyo.digi-joho.com/tokyo-isl...akejima-1.html
http://www.tokyo-islands.com/v3/e_co...iyake/top.html
http://www.volcanolive.com/miyakejima.html
http://www.kaskus.co.id/thread/5218662bbccb17f039000003/3-pulau-paling-beracun-di-dunia/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar