Jumat, 22 Juni 2012

E-COMMERCE

PENGERTIAN E-COMMERCE
 Secara sederhana E-commerce dapat diartikan sebagai konsep penerapan E-bussines sebagai strategi jual-beli barang dan jasa melalui jaringan elektronik dan biasanya melibatkan transaksi data elektronik, sistem manajemen inventory otomatis dan sistem pengumpulan data otomatis. Hal ini disebabkan semakin pesatnya perkembangan teknologi informasi baik dalam segi efisiensi serta keamanannya, sehinnga memunculkan ide-ide gagasan untuk menjadikan teknologi informasi itu sebagai media untuk melakukan pemasaran, promosi, bahkan transakasi data yang dianggap bisa lebih effisien dan mempermudah transaksi jual-beli. 

SEJARAH SINGKAT PERKEMBANGAN E-COMMERCE
 Kemunculan E-commerce pertama kali diperkenalkan pada tahun 1994 pada saat pertama kali banner-elektronik dipakai untuk tujuan promosi dan periklanan di suatu halaman website. Menurut Riset Forrester, perdagangan elektronik menghasilkan penjualan seharga AS$12,2 milyar pada 2003. Menurut laporan yang lain pada bulan oktober 2006 yang lalu, pendapatan ritel online yang bersifat non-travel di Amerika Serikat diramalkan akan mencapai seperempat trilyun dolar US pada tahun 2011. 

KEUNTUNGAN E-COMMERCE
 Berikut adalah beberapa keunggulan e-commerce 

:1. tidak mengenal adanya batasan tempat karena transaksi bisa terjadi walaupun konsumen dan penjual berada di tempat yangberlainan

2. mengefisiensikan waktu karena tidak mengenal batasan atau setiap transaksi e-commerce bisa dilakukan selama 24 jam.

3. Lebih sedikitnya pegawai yang dibutuhkan untuk melakukan transaksi sehingga dapat mengikis anggaran pengeluaran perusahaan penjual. 

KELEMAHAN E-COMMERCE
 Berkut merupakan kekurangan dari penerapan e-commerce :

1. sering terjadinya penipuan seperti fiktif credit card, atau terkadang penipuan penjual terhadap pelanggan karena hukum yang mengatur tentang e-commerce masih belum terlalu berkembang.

2. Konsumen tidak dapat melihat langsung kondisi barang yang akan dibeli

3. Mempersempit lapangan pekerjaan karena industri e-commerce tidak membutuhkan banyak pegawai untuk melayani transaksi

.Dalam banyak kasus, sebuah perusahaan e-commerce bisa bertahan tidak hanya mengandalkan kekuatan produk saja, tapi dengan adanya tim manajemen yang handal, pengiriman yang tepat waktu, pelayanan yang bagus, struktur organisasi bisnis yang baik, jaringan infrastruktur dan keamanan, desain situs web yang bagus, beberapa faktor yang termasuk:

1. Menyediakan harga kompetitif

2. Menyediakan jasa pembelian yang tanggap, cepat dan ramah.

3. Menyediakan informasi barang dan jasa yang lengkap dan jelas.

4. Menyediakan banyak bonus seperti kupon, penawaran istimewa dan diskon.

5. Memberikan perhatian khusus seperti usulan pembelian

.6. Menyediakan rasa komunitas untuk berdiskusi, masukan dari pelanggan dan lain-lain.

7. Mempermudah kegiatan perdagangan APLIKASI 

PENDUKUNG E-COMMERCE
 1. E-mail dan Messaging 

2. Content Management Systems 

3. Dokumen, spreadsheet, database

4. Akunting dan sistem keuangan 

5. Informasi pengiriman dan pemesanan 

6. Pelaporan informasi dari klien dan enterprise 

7. Sistem pembayaran domestik dan internasional 

8. Newsgroup

9. On-line Shopping 

10. Conferencing 

11. Online BankingPerusahaan yang terkenal dalam bidang ini antara lain: eBay, Yahoo, Amazon.com, Google dan Paypal. 

BENTUK  E-COMMERCE
 Ada beberapa bentuk E-Commerce seperti:

1. Bussiness to Business (B2B)B2B adalah tipe e commerce yang mengutamakan kerjasama transaksi antar perusahaan dengan menggunakan media elektronik.

2. Collaborative Commerce (C Commerce)Dalam C Commerce, partner bisnis saling bekerjasama secara elektronik.kerjasama ini biasanya terjadi sepanjang rantai produksi suatu barang atau jasa, misalnya produsen dengan distrbutornya.

3. Bussiness to Consumers (B2C)Pada B2C, pihak penjual adalah organisasi, sedangkan pihak pembeli biasanya individu.

4. Consumers to Business (C2B)C2B dapat mungkin konsumen membuat request akan kebutuhannya terhadap sebuah barang atau jasa kemudian organisasi atau perusahaan bersaing untuk menyediakan barang atau jasa tersebut kepada konsumen.

5. Consumers to Consumers (C2C)Transaksi antar individu seperti menjual produk atau jasa kepada individu lain.

6. IntraBusiness CommercePenggunaan E Commerce dalam lingkup internal perusahaan atau organisasi untuk meningkatkan kinerja dan operasi.

7. Government to Citizens (G2C)Pelayanan pemerintah terhadap warga negaranya melalui teknologi E Commerce, selain itu.dapat digunakan untuk kerjasama antara pemerintah dengan pemerintah lain atau dengan perusahaan.

8. Mobile CommerceMobile Commerce memungkinkan penggunaan E Commerce tanpa kabel, seperti mengakses internet melalui handphone. 

di ambil pada tanggal : 22 - 06 - 2012
jam 16:09 wib

Sabtu, 16 Juni 2012

Tutorial membuat mail merge pada Open office


Tutorial membuat mail merge pada Open office

Nama Kelompok :
- Raden Bondan Dewantoro / 25211724
-Herbiyanto Prayogo/27211982
- M. Hilman trihandoko / 24211858
- Dwi Yulianingsih / 22211271
- widodo / 27211385




  1. Pertama buatlah sebuah surat
    Jakarta, 10 Juni 2012
    Kepada Yth :
    Dengan hormat,
                Sehubungan dengan akan dilaksanakannya acara peringatan ulang tahun perusahaan, maka bersama ini kami mengundang seluruh Manajer PT. Makmur  untuk hadir dalam rapat persiapan yang akan dilaksanakan pada:
    Hari/Tanggal    : Selasa, 12 Juni 2012
    Waktu              : 09.00 – 11.00 WIB
    Tempat            : Ruang Mawar
    Demikian undangan ini kami sampaikan, mengingat pentingnya acara ini maka Bapak/Ibu dimohon hadir tepat pada waktunya. Atas perhatiannya, kami ucapkan terima kasih.
    Hormat kami,
    Ketua Panitia
    Putra Aditya
    2.     pilih menu tools > mail merge wizard
    Image
3. Tahap pertama yaitu pilih menu start from existing document
Image
lalu pilih Use the current document > next

4Setelah itu klik Select Document Type dan pilih letter
Image
5. Selanjutnya klik next dan akan muncul option Insert addres Blocklalu pilih Menu Select Addres List
Image
6. Pada menu Select Addres List > Create > Cuztomize kemudian hapus daftar tersebut sampai habis lalu pilih Add untuk membuat folder baru yaitu Nama, Jabatan dan Alamat setelah selesai folder dibuat lalu tulis folder tersebut sesuai yang diperintahkan lalu save folder Table tersebut dan table tersebut disave dengan nama yang diinginkan contohnnya “Dokumen”.
Image

Image

Image

Image

7. Setelah itu balik kemenu Insert Addres Block lalu buka menu More dan Match Field lalu edit menu tersebut sesuai apa yang kita inginkan
Image
8. Selanjutnya pada Create Salutation jangan beri centang di menu tersebut jika ingin mengedit menu lalu Next ke tahap selanjutnya.
Image

9. Lalu di menu Adjust Layout edit menu tersebut sesuai yang kita inginkan setelah selesai lalu Next ke tahap selanjutnya. Image

10. Di tahap Edit document kita bisa mengedit dokumen yang telah kita buat jika ada kesalahan bisa mengeditnya setelah selesai lalu pilih next dan ketahap selanjutnya
Image
11Lalu pada pilihan save, print or send pilih save starting document untuk menyimpan dokumen lalu finish.
Image

Selasa, 05 Juni 2012

tuorial membuat mail marge pada ms.word 2007



CARA MEMBUAT MAIL MARGE

Nama Kelompok :
- Raden Bondan Dewantoro / 25211724
- Herbiyanto Prayogo / 27211982
- M. Hilman trihandoko / 24211858
- Dwi Yulianingsih / 22211271
- widodo / 27211385

    1.   Langkah pertama yang di lakukan adalah membuat data seperti dibawah ini


    2.    Setelah data di atas selesai diketik, sekarang saatnya membuat data mail Merge.  Klik pada Menu Mailings, Kemudian klik pada Toolbar   Start maili Merge, lalu klik pada  Step by step Mail Merge Wizard…


    3.  Kemudian perhatikan pada bagian kanan jendela Microsoft word 2007,  akan muncul jendela Mail Merge.  Pada Select document type pilih letters,  kemudian klik pada  Next: Starting document 










    4.   Tahap selanjutnya pada  Select starting document  pilih Use the current document,  kemudian pilih Next: select recipients









    5.   Tahap selanjutnya pada   Select recipents pilih pada Type a New list,  lalu klik pada Create 







  
6 6.    setelah kamu klik tombol create, Jendela  New Address list akan terbuka seperi gambar di bawah ini. karena pada latihan ini kita hanya menggunakan tiga address yaitu <nama>, <npm>, dan <no tlphn>, maka kita buat ketiga address tersebut secara manual, dengan cara klik pada tombol customize Columns

    7.   Setelah kamu klik Customize Columns, akan terbuka jendela  Customize addres list seperti gambar di bawah ini. hapuslah semua yang ada pada Field names dengan cara Klik pada tombol Delete,


   8.   Setelah kamu menghapus semua Field names , klik pada Add.. , untuk menambahkan Field baru, kemudian ketikkan nama Field dan klik tombol OK. (nama field pada latihan ini  “nama”, “npm”, dan “no tlphn” 

  
9  9.      Address list yang baru pun akan tampak seperti gambar di bawah ini,  dan  Klik pada tombol OK




   10.   Setelah kamu klik tombol Ok, akan muncul jendela penyimpanan file. berikan nama file nya pada kolom file name (pemberian nama filenya bisa sesukamu), kemudian klik tombol Save



  
   11.  Sekarang Data mail Merge telah selesai, kemudian klik pada tombol Ok





   12.  Setelah kamu letakkan kursor di situ, klik pada menu  Insert Merge Field, sehingga akan muncul daftar Fieldnya, pilih klik pada field nama. lakukan langkah yang sama untuk menampilkan npm, dan no tlphn





   13.   Untuk merubah kode  <nama>, <npm>, dan <tlphn> menjadi data yang sebenarnya klik pada Icon  Preview, dan  untuk menampilkan data urutan kedua, ketiga dan seterusnya, klik pada tanda panah ke kanan, sedangkan untuk kembali klik pada tanda panah ke kiri.